Pusat Tunggu Data Honorer Kategori II

JAKARTA–Badan Kepegawaian Daerah (BKD) diminta mengajukan nama-nama honorer kategori kedua, sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Negara Pendayagunaan Apraratur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) EE Mangindaan Nomor 5 Tahun 2010. Tenaga honorer kategori kedua yaitu tenaga honorer yang tidak dibiayai APBN/APBD tapi bekerja di instansi pemerintah.

Sesuai SE tersebut mestinya usulan honorer kategori kedua itu paling lambat diajukan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) per 31 Desember 2010. Hanya saja, lantaran masih banyak pemda yang belum mengajukan, masa pengajuan diperpanjang.

“Kita masih berikan waktu, apalagi tim verifikasi dan validasi masih menyelesaikan tugas pendataannya untuk kategori satu (honorer tertinggal),” kata Deputi SDM bidang Aparatur Kemenpan-RB Ramli Naibaho yang dihubungi, Minggu (2/1).

Dia meminta kerja sama BKD untuk secepatnya mengirimkan usulan. Sebab, data tersebut nantinya akan digunakan Kemenpan-RB untuk menetapkan formasi bagi tenaga honorer tersebut.

“Berbeda dengan honorer kategori satu yang langsung diangkat tanpa tes, yang kategori dua harus dites sesama mereka. Karena itu kami akan menetapkan formasi apa yang tersedia di 2011 sesuai data BKD,” tuturnya.

Mengenai jatah honorer kategori kedua, lanjut Ramli, maksimal 40 persen. Honorer kategori kedua syaratnya hampir sama dengan kategori satu. Di mana mereka merupakan honorer yang mengabdi di bawah 2005.  “Yang membedakan, kalau kategori satu, dibiayai APBN/APBD. Kategori kedua, tidak dibiayai APBN/APBD tapi bekerja di instansi pemerintah,” tandasnya.

Untuk diketahui, masih ada 28.021 honorer tertinggal (kategori satu) dari target 152.310 yang belum diverifikasi dan validasi. Ada kemungkinan penyelesaiannya berakhir Januari 2011. Baik honorer kategori satu dan dua menjadi prioritas pemerintah dalam mengentaskan masalah tenaga honorer yang masih dipolemikkan hingga saat ini. (jun)

About these ads

10 Komentar

  1. saya lulusan sekolah perawat kesehatan depkes provinsi lampung 1998 saya sdh 12thn jadi honorer kategori II tolong saya

  2. PAK SBY,MENPAN danskrang SPK sdh ttp dan formsinya berkrng bagmna nasib saya pak hrpan sy PP bru utk kategori II

  3. Andai honorer yg terdahulu (2005) seleksinya diterapkan sprti tahun 2010 ini pasti banyak yg masuk katagori II,

  4. tolong bkn pusat mengumumkan nama bkd yang ada di jawa timur yang sudah menyerahkan data2 honorer kategori ii dan nama kota di jawatimur yang belum menyerahkan data2 honorer kategori ii.

  5. semua harus berjalan sesuai aturan, sekali terjadi penyimpangan di level tertentu…berimbas ke level lainnya

  6. Beginilah perjalanan honorer di negeri ini, ada anak kandung dan anak tiri. honorer yang dibiayai oleh APBD dan APBN adalah anak kandung, sedangkan yang non APBD dan APBN adalah anak tiri. Yang anak tiri tanpa tes hanya melengkapi berkas administrasi, sungguh menyenangkan sedangkan yang anak tiri harus lewat tes tulis dan bila tidak lulus harus bagaimana? Dengan adanya tes hanya memberi kesempatan kepada pejabat-pejabat di daerah untuk mengadakan lelang CPNS dengan harga yang lumayan? Bagaimana pola pikir para pengambil kebijakan di negeri ini?

  7. saya salah satu honorer kategori 2 d kota bogor, I like it..sukses bkn.

  8. Baapak presiden RI yang kami hormati kapan pengangkatan honorer kategori 2 di tasikmalaya.

  9. Pak SBY, Pak Menpan…Sy sdh menjadi honorer kategori 2 slama 15th…tolong saya pak

  10. saya honorer kategori II sejak tahun 2003 dan sudah sertifikasi pada tahun 2009, tlg saya Pak SBY, Pak Menpan,


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.