Pemerintah Ogah Angkat Guru Swasta Jadi PNS

JAKARTA – Keinginan dan upaya para guru swasta untuk bisa diangkat menjadi PNS sepertinya bakal berakhir sia-sia. Sebab, pemerintah menganggap keinginan itu tidak beralasan.

Sekretaris Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN&RB), Tasdik Kinanto, mengatakan, guru swasta yang meminta jadi PNS jelas tidak memahami aturan. “Pemerintah kan sudah berulang kali menegaskan kalau guru swasta tidak bisa di PNS-kan. Kalau tetap ngotot ya harus ubah undang-undang dulu dan itu kerjaannya DPR dong,” kata Tasdik kepada JPNN, Kamis (5/8).

Dia mengakui, DPR memang merekomendasikan agar guru swasta dijadikan PNS. Tapi pemerintah tidak bisa serta merta mengabulkanya. “Kalau mau dikabulkan nanti pegawai swasta juga ingin di-PNS-kan. Kalau sudah begitu kacau negara, karena aturan undang-undang dilanggar,” ucapnya.

Hal yang sama diungkapkan Deputi SDM bidang Aparatur Negara Kementerian PAN&RB Ramli Naibaho. “Pemerintah bukan menganaktirikan. Tapi yang namanya honorer kan yang bekerja di instansi negeri. Kalau yang di swasta itu bukan honorer namanya. Lagipula Kementerian PAN&RB tidak mengurus para guru, tapi aparatur. Kasarnya bapaknya guru kan Kemendiknas, bukan Kemenpan. Jadi tanya ke Kemendiknas,” bebernya.

Ditambahkan Ramli, jika ingin menjadi PNS, maka para guru swasta bisa mengikuti seleksi CPNS lewat jalur pelamar umum. “Kalau mau jalur khusus atau langsung diangkat ya tidak bisa,” pungkasnya. (zun)

8 Komentar

  1. TENAGA HONORER SEWASTA SEBETULNYA ADA FAKTOR KECEMBURUAN , IRI DAN DENGKI SIFAT-SIFAT SEPERTI INI YG SEDANG MELEKAT KEBANYAKAN DINEGERI INI SADARLAH ……YG NAMANYA HONOR DISWASTA KAN GURU DAPAT SERTIFIKASI HONOR CUKUP BESAR SEDAGKAN HONOR DINEGERI TIDAK DAPAT SERTIFIKASI HONOR KECIL SENGSARA KALO HANYA HONOR DINEGERI TAPI MOHON PADA PEMERINTAH YG DIPERHATIKAN ITU YG HANYA DINEGERI SAJA SOALNYA SEBETULNYA BANYAK TENAGA HONOR YG DOBLE2 SWASTA DAN NEGERI INILAH YG SEBETULNYA JADI KACOU DAN KERJANYA KAGAK BENER ……GAK FOKUS MAIN CURANG AKHIRNYA DAPAT SERTIFIKASI INILAH YG JADI MASALAH SEBETULNYA……

    • nha itu dia…honorer d skolah negri, gtt d sekolah swasta…dpt sertfikasi dan jd PNS…..
      curang…
      apakah tidak ada kros cek…..
      pak….pak…DPR,pa MENPAN…JABATAN ITU TIDAK KEKAL, HANYA SEMENTARA, INGAT AKAN MATI PAK…PERBANYAK BERAMAL…..JANGAN PILIH KASIH……ATURAN/PP YANG BIKIN MANUSIA TAPI MANUSIA YANG KUFUR NIKMAT….SEHINGGA MENDZOLIMI GURU SWASTA…….TAUBAT PAK SEBELUM AJAL MENJEMPUT

  2. pendataan 2005 lalu guru yang honor di sekolah swasta juga terakomodir, karena memang mereka juga berperan untuk mencerdaskan anak bangsa. karena banyak juga guru honor di swasta yg hanya mendapat gaji 100 rb perbulan sedangkan kerjanya sama dengan guru di sekolah negeri. pertanyaannya adalah apakah guru honor di swasta bukan mencerdaskan manusia indonesia, yg ke 2 apakah guru di swasta tidak butuh hidup sejahtera. tolonglah para petinggi yang berkompotent dalam hal ini jangan menganak tirikan swasta, banya juga petinggi negeri ini yang tamat dari sekolah swasta.

  3. Nasib-nasib

  4. Pemerintah ogah angkat guru swasta jadi PNS ? Kalimat ini sama dengan pemerintah tidak mengakui bahwa guru-guru di sekolah swasta adalah orang Indonesia. ” Padahal jika ada kepentingan politik seluruh guru negeri maupun guru swasta wajib menghadirinya “. Mungkin pernyataan diatas dikemukakan oleh orang yang lulus di sekolah pas-pasan.
    Ingat … guru swasta juga butuh perubahan nasib. Guru swasta juga yang adalah orang Indonesia asli, memiliki hak yang sama untuk PNS, jangan dibatasi dengan aturan dan penafsiran aturan yang kaku. Selaku pemerintah dimanakah hati nuranimu? sehingga tega-teganya dan dengan sengaja menciptakan deskriminasi terhadap guru swasta? Yang mengikuti pengangkatan-kan gurunya bukan sekolahnya.” Doa kami selaku anak bangsa yang telah mengabdi kepada negeri ini melalui sekolah swasta, semoga diberikan kesempatan yang sama kepada kami”,jika pemerintah masih menganggap kami anak bangsa. Banyak juga pejabat negeri ini yang lulus disekolah swasta itu pertanda bahwa kualitas guru-guru disekolah swasta tidak kalah, bahkan relatif melebihi guru-guru negeri. Jangan sampai kebijakan yang tidak bijak dari pemerintah dan pengambil keputusan akan menjadi pemicu persatuan dan kesatuan yang telah terbina dengan baik ini.

  5. Pemerintah ogah angkat guru swasta jadi PNS ? Kalimat ini sama dengan pemerintah tidak mengakui bahwa guru-guru di sekolah swasta adalah orang Indonesia. ” Padahal jika ada kepentingan politik seluruh guru negeri maupun guru swasta wajib menghadirinya “. Mungkin pernyataan diatas dikemukakan oleh orang yang lulus di sekolah pas-pasan.
    Ingat … guru swasta juga butuh perubahan nasib. Guru swasta juga yang adalah orang Indonesia asli, memiliki hak yang sama untuk PNS, jangan dibatasi dengan aturan dan penafsiran aturan yang kaku. Selaku pemerintah dimanakah hati nuranimu? sehingga tega-teganya dan dengan sengaja menciptakan deskriminasi terhadap guru swasta? Yang mengikuti pengangkatan-kan gurunya bukan sekolahnya.” Doa kami selaku anak bangsa yang telah mengabdi kepada negeri ini melalui sekolah swasta, semoga diberikan kesempatan yang sama kepada kami”,jika pemerintah masih menganggap kami anak bangsa. Banyak juga pejabat negeri ini yang lulus disekolah swasta itu pertanda bahwa kualitas guru-guru disekolah swasta tidak kalah, bahkan relatif melebihi guru-guru negeri.

    • betul…..bpk DPR, Menpan, klo bpk d posisi kita jwbn bpk tdk demikian…..ingat pak karma berlaku…smoga anak bpk merasakan apa yg kami rasakan….

  6. di daerah masih banyak honorer yang merangkap ke instansi swasta, yang jelas kerjaan jadi tidak beres. Tapi mereka juga tidak patut disalahkan karena honor dari honorer hanya bisa untuk beli nasi bungkus sedangkan mereka punya keluarga dengan sejuta kebutuhan… kembali ke big bos, kalau sampai semua honorer kurang diperhatikan dan terlalu ditekan kasihan mereka. mereka mau mengabdi tetapi disisi lain mereka punya tanggungan keluarga…!!!!!! pikirkan dong !!!! mana baiknya.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.