5.966 Guru Bantu DKI Jadi PNS Tanpa Tes

JAKARTA — Menteri PAN&RB EE Mangindaan menyebutkan, sebanyak 5.966 guru bantu di DKI Jakarta akan diangkat menjadi CPNS tanpa tes, mengingat mereka telah memenuhi beberapa persyaratan. Di antaranya,  diangkat oleh pejabat berwenang, masa kerja minimal satu tahun per 31 Desember 2005 dan bekerja sampai sekarang. Selain itu, mereka minimal 19 tahun dan tidak lebih dari 46 tahun per 1 Januari 2006.

“Meski 5.966 guru bantu itu bekerja di instansi non pemerintah,  misalnya sekolah swasta, namun tetap diangkat tanpa tes. Karena penghasilan mereka berasal dari APBN,” ungkap Mangindaan di sela  raker gabungan bersama Komisi II, VIII, X DPR RI di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (26/4).

Mangindaan menyebutkan, dari sekitar  6.743 guru bantu DKI yang telah diberikan formasi, akan dilakukan proses kualifikasi pendidikan terhadap 777 guru bantu sesuai dengan kebutuhan atau lowongan formasi di sekolah negeri di provinsi DKI Jakarta.

“Namun untuk sisa guru bantu di DKI  yang sejumlah  5.966 orang, mereka  mengajar di sekolah swasta karena belum ada kebutuhan atau lowongan formasi di sekolah negeri. Tetapi kita  telah  upayakan beberapa solusi,” ujarnya.

Solusi yang dimaksud, antara lain ditawarkan ke pemerintah daerah wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dengan syarat  Pemda masing-masing harus mengangkat tenaga honorer guru pada sekolah negeri yang ada di daerahnya. Selain itu, pihaknya juga telah menawarkan  ke Pemda di luar Jawa, namun guru bantu yang bersangkutan tidak bersedia.

Lebih jauh Mangindaan menerangkan, pihaknyaun juga tak lupa untuk menawarkan pada Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) agar menampung dalam formasi yang dibutuhkan pada Unit Pelaksana Teknis ( UPT) di Kemdiknas, seperti di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP)  di seluruh Indonesia.

“Tetapi hingga saat ini belum ada realisasinya. Sama halnya dengan penawaran pada Kementerian Agama untuk menampung guru bantu DKI, apabila kompetensi yang bersangkutan sesesuai dengan kebutuhan guru di sekolah kementerian Agama,” pungkasnya. (zun)

About these ads

7 Komentar

  1. Kepada yth.menpan
    usia saya sudah 46 tahun ini, bagaimana nasib saya sebagai guru bantu apakah masih ada harapan untuj di angkat PNS. trim menpan

    • dang adong be harapan mu …. huahahuahaha

  2. Melihat keadaan yang ada tentang guru bantu,pihak pemerintah sebaiknya memberikan informasi yang pasti akan perkembangan yang ada.mengingat sebagai masyarakat kami sering mendapat pertanyaan-pertanyan tentang guru bantu dki.contohnya bagaimana caranya bagi guru bantu yang telah menyelesaikan pendidikan S1nya,apakah harus melampirkan berkas susulan?kemana?hal ini supaya dapat saling memberi informasi sesuai kebutuhan.banyak diantara guru bantu pada saat lulus tes,masih banyak yang kuliah.dengan demiki pemerintah tidak memiliki data base terkini dari para guru bantuTerima kasih atas perhatiannya.dengan komunikasi yang baik tentu akan terhindar dari hasutan-hasutan orang yang tidak bertanggung jawab.Semoga DKI tetap Jaya.

  3. udah tujuh tahun guru bantu ga jelas nasibnya. sebenarnya pemerintah ada niat ga untuk jadiin guru bantu PNS ga? padahal banyak yang pendidikannya S1 dari tahun 90 an.kapan diangkatnya???

  4. Pejabat bangsat semua!!! Gue tembakin satu” biar mampus!!

  5. yaachh……………,kt orang :semua indah pada waktunya

  6. Thanks for sharing your thoughts on chiropractors phoenix.
    Regards


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.