Pengangkatan Tenaga Honorer Berdasarkan PP 43 dan 48

Senayan – Tim kecil gabungan Komisi II, VIII dan X DPR tentang tenaga honorer bersama pemerintah sepakat untuk memprioritaskan para tenaga honorer yang sudah sesuai dengan PP 43/2007 dan 48/2005 tentang pengangkatan tenaga honorer menjadi calon pegawai  untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Jadi dari verifikasi data yang pertama harus kita selesaikan adalah mereka yang tercecer tertinggal tapi mereka sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor  43/2007 dan 48/2005,” kata pimpinan rapat dari Fraksi Partai Demokrat Taufiq Effendi seusai rapat, di Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Selasa (23/2).

Taufiq menyebutkan jumlahnya sekitar 180 ribu hingga 190 ribu tenaga honorer yang terdapat diseluruh Indonesia. “Tapi nanti akan dilakukan verifikasi dan validasi setelah ini selesai,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekjen Kementerian Dalam Negeri Diah Anggraeni. Menurutnya, selain tenaga honorer yang sudah sesuai PP 43 dan 48 juga akan ditinjau dari segi pembayaran honornya. Apakah selama ini dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) atau Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Diah menambahkan, pengangkatan juga bisa diberikan jika yang bersangkutan mengajar di sekolah negeri. Oleh karena itu mengenai berapa tenaga honorer yang akan diangkat menjadi PNS jumlahnya belum bisa ditetapkan secara pasti. “Lah ini harus ada validasi baru nanti dilakukan inventarisasi, nanti sidang berikutnya baru,” jelasnya.(zun)

39 Komentar

  1. para wakil rakyat YTH. Saya Bukan Tenaga Honorer/Sukwan Di unit Pendidikan/pengajar, tapi tenaga teknis di kantor pemerintahan daerah. apakah saya akan diangkat menjadi Pns, TMT Wiyata tertanggal 16 maret 2004 sampai sekarang belum ada pengangkatan Pns secara Pasti. Buatlah Peraturan bahwa pengangkatan PNS dilakukan secara Berkala yaitu dengan Wiyata bakti lebih dari 5 tahun untuk tenaga honorer/sukwan akan diangkat menjadi PNS. terimakasih

  2. bapak dewan yang terhormat, bagaimana dengan pegawai honorer yang belum masuk data base…apa akan diangkat juga dan mohon kebijikan bapak dwan untuk kami juga bis diangkat menjadi PNS,,,tolong balasannya

  3. ass. . .
    saya telah mnjadi sukwan slama 2,5 tahun di PU Banjar. . .saya blum tau apkah sya msuk database atau tdak. . mhon ada prtimbangn bgi sya agar dapat diangkat mnjadi PNS. . .trimakasih

  4. saya sdh tidak peduli lagi mau diangkat jadi cpns atau tidak saya benar2 tdk peduli suka-suka Allah saja yg saya tau saya harus kerja dengan benar dan berusaha tidak iri ketika teman2 pns ribut soal mau dapat tunjangan ini dan itu, kasihan anak didik saya punya guru pns dg gaji besar tapi minim perhatian taunya cuma ngitung berapa uang yang didapat.

    • yessss. like this very much. habis, ku juga ngrasain hal yang sama. guru PNS bukan berarti lebih baik dari yang non kan?tapi ya itu, kok kayaknya banyak banget kesenjangane ya?namanya juga manusia. kualitas kan gak keliatan, yang keliatan pangkate. sekarang kita rame-rame aja doa ma Alloh, moga-moga apa yang kita lakukan ini diridhoi dan barokah. gak usah terlalu memaksa tuk bisa jadi PNS…….

  5. saya adalah salah satu SUKWAN di lingkup PEMKAB MALANG,saya hanya ingin menyarankan agar pemerintah bisa mempertimbangkan nasib kami ini.,.apabila Pemerintah ingin tenaga terampil dan siap kerja, kami (HONORER/SUKWAN) sudah mampu dan siap untuk itu.,karena akan lebih baik dan efisien apabila Pemerintah mengangkat Tenaga SUKWAN/HONORER yang sudah ada dan notabene sudah siap pada SKPD yang ada.TERIMA KASIH

    • saya suka ini mas..kadang ada cpns baru lagaknya udanh paling hebat…omonganya udah kaya mo jadi calon pejabat..tapi skill diadu di pemerintahan kita yakin yg udah pengalaman ya bisa bicara..tapi itu sekali lagi tergantung individunya ya mas…
      maaf komentar dari orang kampung

    • betulllllllllllllllll

  6. emang ada pengangkatan cpns lagi?syukur kalo ada.kalo ndak ada yaaaa.piye yaaaaaaa.abis dah 6 tahun sukwan..sabar ya bu, pak, mbak, dik dan siapa saja yang belum diangkat.mendingan sambil sukwan kita belajar tuk bikin usaha sendiri supaya kita tidak selalu tergantung ama pemerintah.buktikan kita bisa hidup mandiri tanpa uluran tangan pemerintah.

  7. Pak Dewan Yth.. Kenapa di PP 43 pasal 3 ayat 2 yang mengenai umur minimal 19 thn harus terhitung dari tanggal 1 Januari 2006? Soal nya saya tidak bisa diangkat menjadi CPNS karena umur saya di 1 Januari 2006 masih 18 thn 5 bulan. Padahal saya sudah mengabdi menjadi tenaga Honorer di Pemkot Padangsidimpuan dari tahun 2003 sampai sekarang. Kalau setiap pengangkatan Honorer-CPNS selalu berdasarkan PP 43 pasal 3 ayat 2 yang perhitungan nya dari 1 Januari 2006 (seperti SE MenPAN No 5/2010), kapan saya bisa diangkat jadi CPNS Pak? Untuk itu saya minta penjelasan nya Pak..! Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih….

  8. YTh Bpk DEwan yang terhormat, gimana nasip para pegawai honorer yang sudah mengabdi lebih dari 5 tahun yang TMT Maret 2005

  9. Ass.Wr.Wb
    Saya bekerja di SMK 1 Bondowoso Sejak 1 September 2003 tapi sampai sekarang masih belum diangkat. sampai saat ini masa kerja sudah 6 tahun 10 bulan>kapan nasib saya akan berubah pak> mohon penjelasannya.atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih

  10. kalo terkobar rakyat berjuang sendiri ntar lhu bingung, sekarang ngga merhati’in. tu honor dep.keu perhati’in ! aturan dah jelas kok ngga nyambung.

  11. pak Dewan, saya ngajar di sekolah swasta sejak juli 2004 dan di sekolah negeri sejak Juli 2006, kira-kira saya masuk database nggak ya pak, Apa saya juga bisa ikut diangkat gaji saya mengajar di 2 tempat itu setiap bulan Hanya RP. 240 ribu, dan itu udah 24 jam. Tolong donk pak perhatikan nasib dan jeritan hati kami

  12. ass.. wr..wb… para dewan yth yg tlah serius memperhatikan kami.mohon verifikasi dan validasi tenaga honorer jgn hanya memperhatikan wiyata baktinya sj, lakukan uji kompetensi dibidang kerjanya.krn perekrutan tenaga sukwan ini syarat dgn kolusi.kota bima ladangnya yg terlihat jelas manipulasi perekrutan, hingga dengan melakukan pembuatan KTP dgn cara haram…..Penduduk Kota Bima termarginalkan akibatnya dedikasi untuk pembangunan dirampas oleh rakusnya nafsu org luar daerah…..turun lapangan PAK DEWAN!!!!!!!!!!

  13. ingat saudara………..kwajiban kita dijalanin dulu. urus siswa dengan benarrrrrr!!!!! jangan debat dulu soal PNS. gak jadi PNS, insyaAllah rejeki dari jalan lain masih ada. (hehehe omongane wong swasta, yo ngene iki)

  14. saya GTT SDN, NTB Lombok Barat dari tahun ajaran 2004/2005, saya tidak tau pasti apa saya bisa diangkat menjadi PNS sementara saya belum terhitung masuk data base, Mohon kebijakan dari Bapak-Bapak yang berwenang dipemerntahan.

  15. Kepada Yth :
    Bapak Anggota Dewan

    Saya seorang PTT di sebuah SD yang ada di Kec. Rembang. Kab. Rembang. tolong agar nama saya dimasukan dalam database BKN agar nantinya dapat diangkap menjadi PNS..,
    saya sangat menunggu-nunggu untuk dapat diangkat menjadi PNS….
    mohon kebijaksanaan dari para anggota Dewan.

  16. YTH: Anggota dewan

    Perjuangkan lah nasib sukwan ! Minimal gaji honor Sukwan berdasar pada UMR pasti sukwan akan bersyukur walaupun jauh dari sejahtera. trimaksaih

  17. kl bisa 180 ribu sekian bs di angkat semua untuk menjadi PNS waulaupu pengangtannya secara bertahap
    sekian terima kasih, wassalam

    • kalo di angkat smua, siapa yang mo jdi petani?????

  18. ass.we.wb….
    SAYA BEKERJA DI INSTANSI POLRI TEPATNYA DI POLRES TASIKMALAYA TMT 16-01-2006.KUALIFIKASI PENDIDIKAN S1 ILMU HUKUM UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN PURWOKERTO.MOHON PERTIMBANGAN UNTUK DIANGKAT SEBAGAI PNS POLRI.

    • alako laenna ra?

  19. saya tenaga honor di instasi pemerintah kabupaten way kanan, tapi gajih saya tidak di biayayai APBN ataupun APBD, namun TMT saya terhiyung sejak 1 januari 2005 apakah saya berhak dan dapat menjadi PNS??? sebab walau saya tenaga honor tapi beban pekerjaan saya sama seperti PNS, saya harap bapak yang berwenang dapat mempertimbangkan ini semua. terimakasih

    • sabar lahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  20. kapak aku di angkat pak?

  21. aku gak paham

    aku masih smp paaaaaaaaaaaaaaak

    • ye asakola lun paphejheng.

  22. Apakah sukwan bisa di angkat jadi pns?? Bagai mencari jarum d lautan kecuali ada keajaiban,

  23. untuk informasi pada Bapak,
    pantau betul tenaga honorer yang akan diangkat , sebab banjak tenagr honorer yang cuma kerjanya untuk datang menekan absen ( tidak mempunyai kemampuan kerja yang layak untuk diangkat menjadi PCNS

  24. bapak saya sukwan tahun 2008 disekolah negeri pakah saya bisa diangkat menjadi PNS.karena saya takut yang pegawai guru negeri udah sertivikasi n jam mengajarnya harus 24 jam jadi saya takut tergeser sama yang negeri

  25. setelah jelas rppny apa lagi yg menjadi penghalang bagi kami guru honor, pastinya ada lagi permainan kita tunggu aja deh!!
    yaaa mudah2 itu tidak terjadi!!!

  26. Pemerintah kurang bijak dalam hal ini….Kalo emang instansi memerlukan tenaga honorer,mestinya atasan setempat mengusulkan kepada instansi tersebut…
    HAK dan KEWAJIBAN mesti Balance,,,,
    Kami telah melakukan kewajiban kami, DAN
    kami minta HAK kami..,

  27. Bapak-bapak yg. terhormat yang selalu di atas meja….!
    saya adalah sukwan sekolah SD. Negeri di pelosok sejak tahun 2000. ( bisa di cross cek di absen sejak tahun tersebut.) di Bangkalan MAdura. tapi sampai saat ini saya masih berstatus sukwan walalu pendidikan sudah S1.
    alhamdullillah, saya selalu luput dari pendataan karena tidak punya uang untuk masuk itu. jika memang memiliki niatan baik, tolong pendataannya jangan tebang pilih bagi yang punya dana atau tidak, yang dekat atau yang jauh dengan pihak-pihak pendata.
    kalau mau jujur, mungkin sy sudah PNS. tapi nyatanya, tetap SUKWAN.

  28. ah kalo saya sieeh harus melalui TES CPNS , tapi harus suceng ga ada main belakang,,,,,ntar kalo pake sek esek pasti banyak korupnya orang mau mulangin modal

  29. Seharusnya sukwan diangkat kontrak,dan kontrak diangkat CPNS….,saya dulu waktu masuk peraturannya th 2000 spt itu,tp kenapa kontrak tanpa sukwan dulu bisa masuk…,atau peraturannya berubah…,lalu buat apa mengangkat CPNS dari umum kalu tenaga kontrak belum habis,itu yg membuat jadi permainan uang…

  30. salam Indonesia… sblmny saya mengenalkn diri, saya Hadi Zulhamriansyah, SH..Honorer diPemkab Tanjung Jabung Barat yg diangkat TMT 01 mei 2005 s/d 31 desember 2005, dan pembayaran Honorer dari APBD. Tetapi pd wktu pengangkatan kategori 1 nama saya tidak masuk, padahal masa kerja saya sudah sesuai dg PP 43 & PP 48. Jd bagai tanggapan Bapak yg terhormat, tolong beri penjelasan… terimakasih..

  31. Assalamu’alaikum wr wb
    saya tenaga honorer di tk swasta kota bandung mulai bekerja dari 1 juli 2002 sampai sekarang, kenapa yang boleh masuk honorer kategori 2 hanya honorer yang bekerja di tk negri? tk negri di kota bandung hanya ada 4, sedangkan tk swasta beratus-ratus, apakah ada kuota dan kesempatan untuk honorer yang bekerja di tk swasta untuk diangkat jadi pns???? atas perhatian dan jawabannya saya ucapkan terima kasih

  32. I know this web page offers quality depending posts and additional data, is there any other web site
    which presents these things in quality?


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.